Selasa, 01 Mei 2012

Hadits Arba'in ke 2

IMAN, ISLAM, DAN IHSAN
Dari Umar bin Khattab ra. berkata :
"Suatu ketika kami duduk-duduk bersama Rasulullah saw. tiba-tiba muncullah seorang laki-laki berpakaian putih dan rambutnya hitam kelam, tidak terlihat padanya tanda-tanda bekas perjalanan jauh dan tidak seorang pun di antara kami yang mengenalnya. Lalu duduklah ia di hadapan Nabi, lalu kedua lututnya disandarkan pada kedua lutut Nabi dan meletakkan kedua tangannya di atas kedua paha Nabi, kemudian ia berkata, "Hai Muhammad beritahukan kepadaku tentang Islam." Rasulullah saw menjawab, "Islam adalah engkau bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, membayar zakat, berpuasa pada bulan Ramadhan, dan mengerjakan ibadah haji ke Baitullah jika engkau mampu melakukannya." Orang itu berkata, "Engkau benar." Kami pun heran, ia bertanya lalu membenarkannya.
Orang itu berkata lagi, "Beritahukan kepadaku tentang iman." Nabi menjawab, "Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, Rasul-rasulNya, hari kiamat, dan beriman kepada takdir Allah yang baik atau pun yang buruk." Orang itu berkata, "Engkau benar."
Orang itu berkata lagi,"beritahukan padaku tentang ihsan, Nabi menjawab, "Engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihatNya, jika engkau tidak melihatNya, sesungguhnya Dia pasti melihatmu."
Orang itu berkata lagi,"Beritahukan padaku tentang hari kiamat", Nabi menjawab, "yang ditanya tidaklah lebih tahu daripada yang bertanya."
Orang itu pun berkata lagi,"beritahukan kepadaku tentang tanda-tandanya", Nabi menjawab, "Jika budak perempuan telah melahirkan tuannya; jika engkau melihat orang-orang yang tak beralas kaki, tanpa memakai baju, miskin, dan pekerjaannya menggembala kambing, telah berlomba-lomba mendirikan bangunan yang megah."
Kemudian orang itu pergi, aku pun terdiam. Beberapa saat kemudia Nabi berkata kepadaku, "Wahai Umar, tahukah kamu siapakah orang yang bertanya tadi" Aku menjawab, "Allah dan RasulNya yang lebih mengetahui." Nabi berkata,"Dia adalah malaikat jibril. Ia datang untuk mengajarkan kepadamu tentang agamamu." (HR. Muslim)

sumber : Terjemah hadits arba'in An-Nawawiyah ; Sholahuddin Press

Tidak ada komentar: